SKL BAHASA INGGRIS SMP/MTS 2010/2011


STANDARD KOMPETENSI LULUSAN
MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS TINGKAT SMP/MTS TAHUN PELAJARAN 2010/2011

No
KOMPETENSI DASAR
MATERI
1
Reading (membaca) merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat 
(Notice/caution/warning) makna teks 
2
Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan gfungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berteima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar 
  • (Greeting card) Informasi tersirat
  • Tujuan komunikatif
  • (Short Message) Informasi rinci tersurat
  • Informasi tersirat
  • (Invitation) Informasi tersirat
  • Tujuan komunikatif
3
Merespon makna yang terdapat  dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam kontks kehidupan sehari-hari
  • (Announcement) Informasi rinci tersurat
  • Makna kata/frasa
  • (Advertisement) Informasi rinci
  • Makna  kata /frasa
  • (Label) Informasi tersirat
  • Makna kata/frasa
  • (Personal leeter/e-mail) informasi rinci tersurat
  • Informasi tersirat
  • Makna kata/frasa
4
Merespon makna dan langkah retorika secara akurat. Lancar berterima dalam esei sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure 
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
  • Descriptibe tekxt (mainan kesayangan ) Informasi tertentu
  • Makna kata/frasa
  • Informasi tersirat
  • Procedure text (makanan khas suatu daerah di Indonesia) informasi rinci tersurat
  • Makna kata/frasa
  • Informasi tertentu
  • Recount (pengalaman yang lucu/memalukan) gambaran umum
  • Informasi rinci tersurat
  • Informasi tersirat
5
Merespon makna dan langkah retorika dalam eseai pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam tks berbentuk recount dan narrative
  • Narrative text (cerita rakyat Indonesia) Informasi rinci tersurat
  • Pikiran utama salah satu paragraf
  • Makna katafrase
  • Pesan moral
6
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar, dan beterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks bertentuk procedure dan report
  • Report text (pekerjaan tertentu) gambaran umum
  • Informasi rinci tertentu
  • Makna kata/frasa
  • Tujuan komunikatif
7
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
  • Descriptive text (objekct/gedung terkenal) Informasi rinci tertentu
  • Makna kata/frasa
  • Informasi tersirat
8
Membaca nyaring bermakna tekws fungsional dan esei pendek dan sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
  • Procedure text (memainkan permainan tertentu) Informasi tertentu
  • Informasi rinci tesurat
  • Makna kata/frasa
9
Merespon makna yang erdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan recount
  • Narrative (fairy tale)
  • Pikiran utama salah satu paragraf
  • Gagasan utama
  • Informasi tersirat
10
Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat lancar, dan beterima untuk berinterkasi dengan lingkungan sekitar alam teks berbentuk narrative dan recount
  • Recount (replika berita kejadian tertentu dari koran) Gambaran umum
  • Informasi rinci tertentu
  • Makna kata frasa
11
Merespon makna dan lngkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima utnuk berinteraksidalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
  • Report (tanaman)
  • Informasi tetentu
  • Pikiran utama salah satu paragraf
  • Informasi tersirat
  • Makna kata/frasa
12
Mengungkapkan makna dan langkah tetorikak  dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahas tulis secara akurat, lancar, dan berteima untuk berinterkasi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
  • Narrative (popular story)
  • Informasi tertentu
  • Gagasan utama
  • Pesan moral
13
Writing 
Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan mengguanakan ragam bahsa lisan untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk deccriptive dan procedure
  • Kata ganti
  • Kata kerja
  • Kata benda majemuk (noun phrase)
14
Mengungkapkan makna dalam bentukteks tulis gingusional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa bu\\tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Menyusun kata acak (openeing suatu surat)
15
Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative.
Menyusun kata acak (kalimat simple present continous tense)
16
Mengungkapkann makna dalam monolog  pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksio dengan lingkungan sekittar dalam teks berbentuk recount dan narrative
Menyusun kalimat acak (narrative text fabel)
17
Merespon makna yang  terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan recount
Menyusun kalimat acak (recount text)

Sumber: http://jumadiana.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar